Jumat, 18 Maret 2016

Tips ASI Melimpah

Menyusui bagi saya adalah suatu kewajiban. Salah satu kewajiban utama sebagai sebagai seorang ibu. Untuk menjalani nya butuh tekad dan semangat baja (bagaikan satria baja hitam) hihihi...
Tapii... sebagai ibu yang tidak full di rumah alias harus ikut membantu suami mencari nafkah, kita harus pintar2 mengatur bagaimana anak kita di rumah tetap bisa full ASI di tengah kesibukan kita bekerja. Dan salah satu caranya adalah dengan pumping. Pumping adalah kegiatan mengeluarkan ASI baik dengan tangan maupun alat bantu (breastpump/pompa ASI).
Pasang surut mewarnai perjalanan menyusui saya, (eaaa...kaya pantai aja ya). Kadang malas cuma 3 kali pumping, kadang saking semangat nya sampe sehari bisa 6 kali pumping. hehehe... tapi itulah seninya... Seni Menyusui, selalu bersikeras memberikan liquid gold kepada buah hati saya...

Berikut saya bagikan sedikit tips agar Produksi ASI melimpah dan stabil (versi saya ya bunda... maaf bukan maksud menggurui, hanya sharing pengalaman)

1. Setel Mindset.
Setel mindset kita kalo ASI kita itu banyak dan melimpaah...
Bayi saya pasti cukup minum ASI saya. Tidak perlu tambahan apapun... Bayi saya hanya memerlukan ASI dari saya.
Naaah,,, sugesti ini beneran bekerja di saya bunda... Jadi ketika bayi sempat bingung puting di bulan ke tiga, saya berhasil menerapkan sugesti ini.. Setiap menyusui, saya bisikkan di telinga bayi saya klo ASI saya melimpah dan pasti cukup untuk dia...

2. Harus Happy dan Bahagia.
Sebagai ibu menyusui, happy dan bahagia adalah wajib, Percaya deh klo kita happy bahagia, ASI akan mengucur deraaas... hehe.. salah satu yang bikin happy dan bahagia adalah Shopping,,, hihi.. emak emak banget ini yaa... (sambil pumping sambil buka lazada, tokopedia, intip2 barang2 kece), nah dijamin langsung LDR dan ASI langsung mengucur deraaas...

3. Disiplin dengan waktu Pumping
Disiplin pumping adalah syarat utama jika ingin ASI melimpah,,, Waktu yang paling tepat untuk pumping adalah maksimal 4 jam sekali atau sehari 6 kali. Selama cuti, saya pumping 6 kali sehari. Dan itulah salah satu faktor yang membuat ASI saya alhamdulilah melimpah. Setelah mulai masuk kerja, saya pumping sebanyak 4 kali yakni di jam 10 pagi & jam 2 siang (di kantor) dan jam 9 malam  & jam 5 pagi (di rumah).

4. Makan Makanan Bergizi dan Minum air putih
Tak perlu bersusah payah untuk membeli ASI booster bunda,,, Saya sendiri tidak menggunakan ASI booster apapun hanya kuncinya makan makanan bergizi dan minum air putih yang banyaaaak...

5. Perbanyak Doa
Doa adalah obat yang paling mujarab untuk keluhan apapun ya bunda...Jadi setelah berusaha beli breastpump baru, power pumping, untuk hasil nya tetap kita serahkan kepada yang maha kuasa.

Begitulah tips saya untuk ASI melimpah... berikut saya lampirkan hasil pumping dan stok ASIP saya.
Semoga bermanfaat ya bundaaa... dan semoga menginspirasi

Ini hasil saya pumping 2 kali di kantor. Hasil nya ya pasang surut juga bunda,,, terkadang sekali pumping bisa dapat 450 ml, terkadang hanya 200ml.. hehe.. ya tetep disyukuri berapapun dapatnya ya bundaaa...
Ini stok ASIP saya di kulkas pertama



Dan ini stok ASIP saya di kulkas kedua



Alhamdulilah... saat ini saya masih menjadi donor ASIP tetap untuk 3 bayi...
Barakallah... semoga semakin melimpaaah...








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bolehkah Mencampur ASI Perah Dalam Waktu Berbeda?

Pada dasarnya bunda boleh menyimpan ASI yang diperah di waktu berbeda dalam wadah yang sama. Akan tetapi, ASI tersebut hanya boleh selisih ...